Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KOMPONEN KOMPONEN PC


FUNGSI DAN KOMPONEN PC



INPUT

Keyboard      
Fungsinya; sebagai papan kunci,papan ketik.
                      Untuk memasukkan data kedalam komputer.
   




Mouse
Fungsinya; penggerak aplikasi pada monitor,dengan cara klik kiri dan kllik kanan.





 
Scanner   
Fungsinya; untuk mentransfer/menkonversi gambar,foto,text manual menjadi data digital sehingga dapat di mengerti oleh komputer.
  





   


 
PEMPROSES (processor) Processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Atau dengan kata lain yaitu bagian yang sangat penting dari komputer atau otak komputer yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik,merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.
Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi.
 Memori(RAM)Fungsi dari RAM (Random Access Memory) yaitu ; tempat penyimpanan data sementara,data bisa hilang sewaktu-waktu listrik padam.
Semua program dan data yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory khususnya RAM (Random Access Memory) yaitu  memori yang dapat diisi dan diambil isinya setiap saat.
Struktur RAM terdiri dari empat bagian, yaitu:
1.       Input storage, digunakan untuk menampung semua input.
2.      Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi yang akan diproses.
3.       Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahannya.
4.      Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir pengo-lahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Fungsi:
Sebagai alat penyimpan data dan program yang bersifat sementara, hanya bekerja pada saat komputer hidup.


 
Hardisk Hardisk merupakan media penyimpanan data dengan kapasitas besar dan disimpan secara permanen.
Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

Fungsi-fungsi hard disk
  1. Menyimpan sistem operasi seperti Windows XP atau LINUX.
  2. Menyimpan berbagai jenis fail seperti fail gambar, video, lagu dan dokumen.
  3. Menyimpan berbagai program seperti Microsoft Office, Games dan Pemain Multimedia.

Power Supply Power supply adalah penyedia tegangan listrik yang dibutuhkan oleh semua peralatan yang ada di dalam komputer…diantaranya: matherboard , harddisk,cd rom dsb. Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.

Fungsi Power Supply
Power supply berfungsi untuk menukarkan jenis kuasa elektrik dari soket dinding (arus ulang alik) kepada jenis yang diguna pakai oleh litar-litar di dalam komputer (arus terus).
Pemilihan Power Supply
  1. Memilih power supply bagi bekalan kuasa 230V 50Hz (untuk kegunaan di Malaysia).
  2. Power supply yang tidak sesuai boleh menyebabkan komponen-komponen di dalam PC tidak berfungsi (malfunction) dan menjadi rosak.
  3. Ini disebabkan oleh voltan yang tidak sesuai dibekalkan oleh power supply.
  4. Kekisi atau casing yang mempunyai banyak ruang untuk penambahan drive tidak bermakna power supply yang digunakan boleh menampung kesemua drive tambahan yang terdapat di dalam kekisi tersebut.
  5. Jangan hanya menilai rekabentuk luaran sahaja apabila membeli kekisi komputer, tetapi berilah perhatian kepada power supply yang disertakan di dalam kekisi tersebut.
  6. Di antara jenama yang dicadangkan ialah Astec, PC Power dan Cooling.
CASING Casing merupakan bahagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung CPU. Bentuk yang umum adalah kotak bersegi, namun bagi mereka yang berminat dengan computer dan permainan computer sudah pasti mencari casing yang menarik . Selain menjadi pelindung CPU, casing juga berfungsi sebagai pendingin tambahan. Kerana, casing modern pada zaman kini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlahnya melebihi dari satu buah. Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai tempat untuk menempatkan berbagai komponen komputer yang lain, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.Sebagai pelindung, casing bermanfaat melindungi bahagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari hentakan dengan benda lain, sehingga bahagian-bahagian yang sensitif akan selamat dan tidak cepat rosak.Selain itu casing juga dapat  ditampilkan dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Sudah tentu casing hasil pengubahsuaian harganya lebih mahal.Yang penting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang selamat dan dapat bertahan lama.
KAD GRAFIK                            Kad Grafik (Graphic Card).
Juga dikenali sebagai Video Card, Monitor Card, atau Display Card.
Kad grafik amat penting bagi memastikan jenis-jenis perisian aplikasi yang boeh dilaksanakan oleh sistem komputer dapat berfungsi dengan sempurna dan meningkatkan prestasi sesebuah pc. Kad grafik mempunyai ingatannya(memory) sendiri bagi menentukan keupayaan kad memaparkan paparan dengan lebih cepat dan ketepatan warna yang mampu dihasilkan dengan lebih baik.
Terdapat beberapa jenis kad grafik terdiri daripada Monochrome, CGA(Colour Graphic Adapter), EGA(Enhanced Graphic Adapter), VGA(Video Graphic Array) dan SVGA(Super Video Graphic Array) dimana mempunyai keupayaan yang berbeza.

DISK DRIVE Berfungsi untuk memainkan sekeping CD/DVD didalam sesebuah computer. Pemacu cakera ada dalam pelbagai kelajuan. Kelajuan terkini adalah 52Xtetapi hanya terdapat dalam jenis CD. Kelajuan 1X bersamaan 150 KBps (Kilobyte per second) iaitu kelajuan penghantaran data (data transfer), jadi dalam kelajuan 52X, penghantaran data adalah 7800KBps. Pemacu DVD-ROM mempunyai kelajuan data transfer lebih kurang 7 kali ganda dari pemacu CD-ROM. Cakera  (bahasa Inggeris: Blu-ray Disc, BD)  pula merupakan sebuah format baru cakera padat yang bakal menggantikan cakera DVD.
HEATSINK  Heatsink berperanan menyejukkan bahagian pemproses(cpu) bagi mengelakkan kepanasan yang terlampau dari penerimaan arus elektrik.Kipas yang terletak pada heatsink membantu menstabilkan tahap kepanasan processor.Disamping itu heatsinkhttp://www.blogger.com/post-create.g?blogID=3327335899971494623 juga berperanan menjaga pengaliran udara di dalam casing.Komputer tidak akan menyala jika heatsink tidak diletakkan pada processor dan akan mengakibatkan kebakaran pada processor dan juga motherboard.



MOTHERBOARD Papan induk(motherboard) adalah sebagai komponen utama yang diperlukan di dalam sesebuah pc atau dengan kata lain, tempat di semua komponen yang terpasang digunakan untuk menghubungkan antar komponen satu dengan yang lain atau sebagai tempat peletakan dari komponen-komponen pendukung.
Motherboard adalah bahan elektronik utama yang menempatkan kesemua komponen-komponen pc. Contohnya: processor,heatsink,slot ram,graphic card,sound card,disk drive,harddisk dan power supply.Bagi era masa kini motherboard telah dicipta dengan kecanggihan boleh memasukkan tiga kad grafik sekaligus dan memasukkan processor yang terkini.Papan induk berfungsi menempatkan segala komponen-komponen komputer dan juga berfungsi sebagai media transfer data didalam komponen-komponen komputer semasa bekerja


OUTPUT
Speaker dan headset






Fungsinya; untuk mengeluarkan/mengolah suara.

 Monitor Fungsinya; untuk menampilkan gambar,text,tulisan.




Printer Fungsinya; untuk mencetak hasil yang kita inginkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar